Temukan Keindahan Yogyakarta Di Pantai Parangkusumo Yang Menawan

Capture

Saat Anda berkunjung ke daerah istimewa Yogyakarta, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi beragam pantai yang ada di sini. Yogyakarta memiliki banyak pantai yang belum diketahui oleh banyak orang umum. Yang paling dikenal tentu adalah pantai Parangtritis, namun tahukan Anda, bahwa masih ada segudang pantai lainnya yang juga tak kalah indah? Salah satunya adalah Pantai Parangkusumo. Pantai ini adalah pantai yang bersejarah karena tidak hanya memiliki daya tarik wisata yang romantis tapi juga mengandung unsur sejarah yang menarik melalui dongeng yang menyelimutinya. Seperti apakah daya tarik pantai ini? Mari simak lebih lanjut.

Kisah Klasik Parangkusumo yang Eksotis

Keindahan parangkusumo nampak secara perlahan. Terletak di wilayah sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini terkenal dengan kisah romantis yang menyelimutinya. Di sini adalah tempat dimana Panembahan Senopati bertemu dengan Ratu Kidul. Tidak hanya kisah cinta yang membuat kawasan ini menjadi kian eksotis, melainkan juga adanya beberapa hal yang diyakini oleh sebagian besar orang sebagai pintu gerbang masuk ke istana laut selatan dimana Ratu Nyi Roro Kidul tinggal. Meski memiliki nuansa mistis yang kental, ada sebuah tempat romantis yang begitu diminati oleh wisatawan khususnya para pelancong yang datang berpasangan. Ia adalah Batu Cinta.

Batu Cinta diyakini sebagai tempat dimana Panembahan senopati dan Ratu Kidul membuat sebuah perjanjian. Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri ini selalu memiliki aroma wangi yang semerbak karena selalu terdapat beragam macam jenis bungan kembang setaman yang ditaburkan oleh beberapa orang. Anda juga akan dapat menemukan wewangian sesajen yang khas di area ini. Perjanjian yang dibuat oleh dua insan ini memiliki hubungan dengan kejayaan keraton Yogya hingga saat ini. Tidak hanya kisah cinta yang menarik, Anda dapat menikmati beberapa keindahan lainnya yang terdapat di kawasan di Pantai Parangkusumo ini.

Keindahan Pantai Parangkusumo

Saat Anda tengah berwisata pantai di daerah ini, Anda di sarankan untuk datang saat upacara labuhan alit yang dilaksanakan sekali setiap tahun. Acara ini terasa spesial karena merupakan acara persembahan yang dilakukan oleh pihak keraton kepada Ratu Pantai Selatan. Tidak hanya itu, pada hari-hari biasa anda bisa mengunjungi tapak senopati yang terdapat di area Batu Cinta. Lengkapi pula daftar wisata Anda dengan menaiki kereta kuda yang tersedia untuk umum di kawasan pantai ini. Apabila Anda ingin menikmati senja yang romantis maka Anda dapat menghabiskannya sambil berjalan-jalan santai dengan pasangan atau dengan berkuda bersama dengan kereta kuda.

Menghabiskan waktu di pantai tentunya akan menimbulkan rasa lelah dan lapar, Anda tak perlu khawatir karena telah tersedia banyak stan makanan yang menyediakan berbagai jenis masakan yang lezat khususnya makanan dengan menu utama ikan. Anda akan dapat memenuhi dahaga serta lapar dengan menu-menu makanan yang mantab dan lezat. Akses menuju area Wisata Parangkusumo juga tidak terlalu sulit. Anda dapat mencapai kawasan ini dengan menggunakan mobil atau bus. Mengendarai motor juga bisa sampai ke daerah ini pula sehingga Anda tak perlu merasa bingung atau khawatir.

Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ketika tengah berada di Jogja, apalagi jika Anda termasuk orang yang menyenangi serta menikmati upacara sarat akan makna seperti upacara labuhan yang dilakukan sekali setiap tahun. Anda hanya perlu mencapainya dengan kendaraan kurang lebih 30 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa motor atau rental yang banyak tersedia di area pusat kota Yogyakarta. Lengkapilah nuansa wisata romantis Anda serta mistismenya yang unik dan indah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *