Berkunjung Ke Wisata Pantai Samas: Pantai Dengan Pesona Pasir Putih

Image 1

Pantai Samas berlokasi di sebelah barat dari Pantai parangtritis tepatnya terletak di Kecamatan Sanden, Desa Srigading. dari kota Bantul, pantai ini berjarak sekitar 14 KM ke arah selatan. Jika anda berada di pusat kota Yogyakarta, jarak yang anda tempuh sekitar 35 KM ke arah barat daya. Pantai ini lumayan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan baik dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.Hal ini karena fasilitas jalan yang sudah dibangun dengan sangat baik. Perjalanan menuju ke pantai ini sangat menyenangkan karena anda akan melewati bentangan sawah yang hijau dan juga pohon kelapa yang ada di pinggir jalan.

Menikmati keindahan alam di Pantai Samas Bantul

Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pantainya dan juga ombak laut yang besar, angin kencang, beberapa delta sungai dan juga danau air tawar yang membentuk seperti telaga dan digunakan sebagai pengembangan udang galah dan ikan.Namun, bentuk tepi Pantai Samas ini agak curam sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak berenang atau mandi di kawasan pantai karena cukup bahaya.Pantai ini sangat asri dan alami dan juga menawarkan panorama hamparan pasir putih yang sangat indah.

Di area wisata Pantai Samas, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut dengan naik ke Mercusuar Patehan.Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap dengan adanya penginapan, terminal, MCK, tempat parkir, mushola, jaringan listrik, dan juga rumah makan.Di pantai ini, para pengunjung juga bisa melihat usaha pemeliharaan udang dan ikan yang dilakukan oleh Sub Dinas dari Perikanan Propinsi DIY. Di pantai ini juga sering dilakukan beberapa upacara adat diantaranya Upacara Labuhan Sedekah Laut, Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, dan juga pentas Seni Budaya yang biasanya dilaksanakan saat lebaran dan liburan.

Telaga air tawar yang ada di pantai ini digunakan sebagai tempat pengembangan tidak hanya digunakan untuk mengembangkan udang galah dan juga ikan namun juga untuk mengembangkan penyu.Telaga Pantai Samas juga digunakan sebagai tempat pemancingan.Telaga ini dikelola oleh Dinas Perikanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Hamparan pasir di pantai ini juga sering digunakan untuk tempat bertelur banyak penyu. Jenis penyu yang ada di pantai ini antara lain Penyu lekang, Penyu Sisik, Penyu Hijau, dan juga Penyu Blimbing.

Wisata kuliner di kawasan wisata Pantai Samas

Selain menikmati keindahan pantai dan juga hamparan pasir, anda juga bisa menikmati hidangan kuliner yang ada di Pantai Samas.Di pantai ini, terdapat banyak rumah makan dan juga restaurant yang menyajikan berbagai macam menu kuliner yang merupakan asli dari daerah Bantul atau Jogja.Sebagian besar, menu yang ditawarkan adalah olahan hasil laut.Untuk tarif tiket masuk ke pantai ini lumayan terjangkau yakni hanya sekitar 3000 rupiah saja.

Pantai ini juga terkenal sebagai tempat penangkaran penyu karena banyaknya jenis penyu yang singgah di pantai ini. Penyu-penyu tersebut biasanya singgah ke Pantai Samas untuk bertelur dan mereka akan kembali ke laut. Telur-telur tersebut dibiarkan di dalam pasir hingga menetas dengan sendirinya. Penyu-penyu kecil yang telah menetas kemudian secara naluriah akan berlari ke air dan berenang. Telur-telur yang ada di pantai ini dikelolah oleh dinas pemerintah setempat dengan cara diambil dan menetaskan secara semi alami. Setelah menetas dan berumur tiga bulan, penyu kemudian akan dilepas ke laut. Bagi anda yang ingin mengikuti pelepasan penyu dan juga menikmati keindahan pantai, anda bisa menuju ke lokasi pantai ini dengan menyewa motor yang ada di kota Jogja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *